Selasa, 17 Maret 2009

NASIKH DAN MANSUKH

A. Pengertian Nasikh dan Mansukh
Menurut bahasa Nasikh bermakna menghilangkan, memindahkan sesuatu dari satu tempat ke tempat lain, penggantian, pengubahan. Sesuatu yang menghilangkan disebut Nasikh, sedang sesuatu yang dihilangkan disebut mansukh.
Secara istilah Nasikh adalah menghapuskan hukum syara’ dengan kitab syara’ pula atau menghapuskan hukum syara’ dengan dalil yang lain. Nasikh bermakna menghapus, sedang mansukh bermakna hukum yang diangkat atau dihapuskan.
B. Macam-macam Nasikh dan Mansukh
Nasikh di dalam Al-Qur’an di bagi menjadi empat macam, yaitu:
a. Nasikh Sharih, yaitu ayat yang secara jelas menghapus hukum yang terdapat pada ayat terdahulu.
b. Nasikh Dhimmy, yaitu jika terdapat dua nasikh yang saling bertentangan dan tidak dapat dikompromikan.
c. Nasikh hilly, yaitu penghapusan hukum sebelumnya secara keseluruhan.
d. Nasikh Juz’I, yaitu penghapusan hukum umum yang berlaku bagi semua individu dengan hukum yang hanya berlaku baggi sebaggian individu, atau penghapusan hukum yang bersifat muthlaq dengan hhukum yang bersifat muqayyad.
Pembagian Nasikh ditinjau dari kewenangan yang berhak meliputi:
1. Nasikh Qur’an dengan Qur’an
2. Nasikh Qur’an dengan Sunnah
3. Nasikh Sunnah dengan Qur’an
4. Nasikh Sunnah dengan Sunnah.
Berkenaan dengan nasikh yang ke empat, terdapat empat bentuk nasikh yaitu:
1. Nasikh hadits mutawatir dengan mutawatir
2. Nasikh hadits ahad dengan hadits mutawatir
3. Nasikh hadits ahad dengan hadits mutawatir
4. Nasikh hadits mutawatir dengan hadits ahad.
Dilihat dari segi bacaan dan hukumnya, nasikh dibagi menjadi tiga macam, yaitu:
1. Penghapusan terhadap hukum dan bacaan secara bersamaan
2. Penghapusan terhadap hukumnya saja, sedangkan bacaannya tetap ada.
3. Penghapusan terhadap bacaannya saja, sedangkan hukumnya tetap berlaku.
C. Hikmah Nasikh dan Mansukh.
Nasikh adalah salah satu keistimewaan yang diberikan Allah secara khusus bagi umat manusia dengan maksud untuk memberikan kemudahan dalam kehidupan manusia. Al-Qattan menyebutkan empat hikmah nasikh yaitu;
1. Memelihara kepentingan hamba
2. Perkembangan tasyri’ menuju tingkat sempurna sesuai dengan perkembangan dakwah dan perkembangan kondisi umat.
3. Cobaan dan ujian bagi orang mukallaf untuk mengikutinya atau tidak
4. Menghendaki kebaikan dari kemudahan bagi umat manusia, sebab jika nasikh beralih ke hal yang lebih berat, maka di dalamnya terdapat tambahan pahala, dan jika beralih ke hal yang lebih ringan maka ia mengandung kemudahan dan keringanan.


1. Tafsir Ijmali yaitu metode tafsir yang menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an dengan cara mengemukakan makna global.
Ciri-ciri tafsir jenis ini adalah:
1. Mudah dipahami
2. Memberikan makna secara garis besar di dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an.
3. Lafal-lafal bahasanya mirip, kadang bahkan sama dengan lafal al-Qur;an.
Contoh:
(الم) الله اعلم بمراده بذلك (ذَلِكَ) أى هذا (الْكِتَابُ)الذى يقرؤه محمد (لَا رَيْبَ) شك (فِيه) إنه من عند اللهِ وجملة النفى خبر مبتدؤه ذللك والإشارة به للتعظيم (هُدًى) خبرثان أى هاد (لِلْمُتَّقِينَ) الصائرين إلى التقوى بامتثال الأوامروا جتناب النواهى لا تقائهم بذلك النار.
2. Tafsir Tahlili adalah tafsir yang menyoroti ayat-ayat al-Qur’an dengan memaparkan segala makna dan aspek yang terkandung didalamnya sesuai urutan bacaan yang terdapat didalam al-Qur’an mushaf Utsmani.
Ciri-cirinya yaitu menerangkan hubungan antara satu ayat dengan ayat lain dan antara satu surah dengan surah yang lain, menjelaskan asbabun nuzul, menganalisa kosa kata dan lafal di sudut pandang bahasa Arab, memaparkan kandungan ayat secara umum dan maksudnya, menerangkan unsur-unsur fashaha, bayan dan i’jaznya bila dianggap perlu.
Contoh:
(قل هو الله احد) الضمير للشأن كقولك هو زيد منطلق وارتفاعه بالإبتداء وخبره الجملة التى بعدها ولا حاجة إلى العائد لأنها هى هو اولما سئل عنه أى الذى سألتمونى عنه هو الله إذروى أن قريشاقالوا يا محمد صف لنا ربك الذى تدعونا إليه من هو فأنزل الله تعالى هذه السورة قل يا محمد للكفار إن ربى الذى أعيده (هو الله أحد)
3. Tafsir Muqarin adalah tafsir yang menggunakan cara perbandingan (komparasi)
Pola dari tafsir ini adalah:
1. Membandingkan ayat-ayat Al-Qur’an dengan ayat yang lain.
2. Membandingkan ayat-ayat Al-Qur’an dengan hadits-hadits Nabi.
3. Membandingkan pendapat-pendapat ulama tafsir menyangkut penafsiran ayat-ayat al-Qur’an.
Contoh:
(وجعل بينكم مودة ورحمة) قال ابن عباس ومجاهد: المودة الجماع, والرحمة الولد وقاله الحسن. وقيل المودة والرحمة عطف قلوبهم بعضهم على بعض. وقال السدى: المودة المحبة والرحمة الشفقة.
4. Tafsir Maudlu’i adalah metode yang ditempuh oleh seorang mufasir dalam menafsirkan al-Qur’an dengan cara menghimpun ayat-ayat yang berbicara tentang satu maudlu’ (tema) tertentu dan menyusunnya berdasarkan kronologi serta sebab turunnya ayat-ayat tersebut, untuk kemudian penafsir mulai memberikan keterangan, penjelasan dan menarik kesimpulan.
Adapun langkah-langkah dalam metode ini adalah sebagai berikut:
1. Menentukan tema yang akan dikaji.
2. Mengumpulkan semua ayat al-Qur’an yang membicarakan tema tersebut.
3. Menentukan urutan ayat-ayat tersebut sesuai dengan masa turun serta mengungkap sebab-sebab turunnya ayat tersebut bila mungkin.
4. Menjelaskan munasabah antar ayat.
5. Mengemukakan hadits-hadits Rasul tentang ayat-ayat tersebut serta mentakhrij serta menerangkan kualitas hadits.
6. Menunjuk pada syair dan kalam-kalam arab, yang menjelaskan makna lafal-lafal tersebut.
7. Mengkaji ayat-ayat yang telah dipilih sesuai tema dari berbagai segi dan aspeknya.
Perlu diketahui ada 2 jenis tafsir maudhu’i yaitu tafsir maudhui yang membahas ayat-ayat al-Qur’an berdasarkan tema yang telah diambil.
Contoh:
(بسم الله الرحمن الرحيم قل هو الله احد) الضمير للشأن كقولك هو زيد منطلق وارتفاعه بالإبتداء وخيره الجملة التى بعدها ولا حاجة إلى العائد لأنهاهى هو أو لما سئل عنه اى الذى سأ لتمونى عنه هو الله إذروى أن قريشا قالوا يا محمد صف لنا ربك الذى تدعونا إليه من هو فأنزل الله تعالى هذه السورة قل يامحمد للكفار إن ربى الذى أعبده (هو الله أحد) يعنى فردا لانظيرله ولاشبيه له ولا شريك له ولا معين له كذا فى تقسير القاض وأبى الليث (الله الصمد) السيد المصمود إليه فى الحوائج من صمد إليه إذا قصده وهو الموصوف به على الإطلاق فإنه مستغن عن غيره مطلقا وكل ما عداه محتاج إليه فى جميع جهادته وتعريفه لعلمهم بصمد يته بخلاف احد يته وتكرير لفظ الله للإشعار بأن من لم يتصف به لميستحق الألوهية واخلأ الجملة عن العاطف لأنها كالنتيجة للأولى او الدليل كذا فى القاض الله الصمد لم يأ كل ولم يشرب وقال السدى وعكرمة ومجاهد الصمد الذى لاجوف له وعن قتادة رضى الله عنه كان ابليس ينظر إلى أدم عليه السلام ودخل فى فيه وخرج من خلفه حين كان صلصا لا فقال لملا ئكة لاترهبوا من هذا فإن ربكم صمد وهذا أجوف (وروى) عن ابن عباس رضى انه قال الصمد الذى يصمد إليه الخلائق فى حوائجهم ويتضرعون إليه عند مسائلهم وقال أبو وائل الصمد السيد الذى قد انتهى سودده وقال الحسن البصرى رحمه الله تعالى الصمد الدائم....الخ
5. Tafsir bil ma’tsur adalah tafsir yang terbatas pada riwayat Rasulullah SAW dan dari para sahabat r.a atau murid-murid mereka dari kalangan tabi’in dan dapat juga dari tabi’it tabi’in.
Contoh:
قال الله تعالى فى أية التخيير: (فتعالين أمتعكن أمتعكن وأسر حكن سراحا جميلا) فمعنى التسريح البتات, قال الله تعالى: ,,الطلاق مرتان فامساك بمعروف أو تسريح بإ حسان,,. والتسريح باحسان هى الطلقة الثالثة. روى ذلك عن النبي ص.م. كما تقدم. ومن جهة المعنى أن قوله: اختارينى او اختارى نفسك يقتض ألايكون له عليها سبيل إذا اختارت نفسها, ولايملك منها شيئا...الخ
6. Tafsir bil ma’qul/bir ra’yi adalah suatu penafsiran dengan memakai metode ijtihad sebagai alat pokoknya setelah seorang mufasir mengetahui kalam, lafal-lafal dan aspek dalalahnya, serta dengan bantuan syair jahily, memperhatikan sebab nuzul, mengetahui nasikh mansukh dalam ayat-ayat al-Qur’an dan perangkat-perangkat yang dibutuhkan mufasir.
Contoh:
ووصينا الإنسان بوالديه حملته أمه وهنا على وهن وفطله فى عامين أن اشكرلى ولوالديك إلى المصير.
قوله تعالى ,,وهنا على وهن,, اى حملته فى بطنها وهى تزداد كل يوم ضعفا على ضعف. وقيل المرأة ضعيفة الخلقة ثم يضعفها الحمل. وقرأ عيس الثقفى,, وهنا على وهن,,. يفتح الهاء فيهما, ورويت عن ابى عمرو, وهما بمعن واحد. قال قعنب ابن أم صاحب:
هل للعواذل من ناه فيزجرها # إن العواذل فيها الأين والوهن

Tidak ada komentar:

Posting Komentar